Berkelana di organisasi selama 3 tahun

Kalau kata temen-temen namanya demisioner –keadaan udah ngga mengang organisasi lagi.

kalau katanya kbbi : demisioner/de·mi·si·o·ner/ /démisionér/ n keadaan tanpa kekuasaan (misalnya suatu kabinet dan sebagainya yang telah mengembalikan mandat kepada kepala negara, tetapi masih melaksanakan tugas sehari-hari sambil menunggu dilantiknya kabinet yang baru)

nah begitu, ya kurang lebih maknanya sama.

Saya mahasiswa semester 7 memasukin semester 8. Sudah punya adek tingkat 3 angkatan, siap lulus tapi skripsian belum kelar, namun masih terjebak dalam organisasi. Tapi sekarang Alhamdulilah sudah rampung organisasinya.

Setelah saya ingat-ingat ternyata saya orang yang bisa dikatakan cukup aktif, jika dilihat dari track record organisasinya.

Tingkat Pertama (Tahun 2016)

Fyi, saya masuk Fisika Undip angkatan 2015. Tahun saya bisa ikut organisasi dari awal tahun 2016 sekitar bulan februari. 

Lalu sebelum itu bagaimana? ya seperti biasa ngikutin kaderisasi di jurusan, padahal pikirannya ga ada di sana. Sejenis pengen pindah gitu. Namun setelah merayu orang tua untuk membiarkan saya ikut selesai dan ingin nekat daftar di kampus orang, tapi tidak diperbolehkan akhirnya saya mau-nggak mau harus mencari kegitan yang menghibur.

Dan demikianlah motivasi saya ikut organisasi mencari kegiatan yang menghibur. Tahun ini saya ikut 3 organisasi sekaligus. 

  • Biro riset Cosmos Fisika Undip Bidang Pangan
  • Inkubasi Riset Fakultas RIC Bidang Edukasi
  • Kelompok Keislaman Fakultas Madani BSO Ketakmiran

“wah ternyata saya juga ambis gitu” beginilah maba, ngga tau medan di kampus itu bagaimana. Belum tahu prioritas dan ketika bertanya ke kakak tingkat pun jawabannya

“ya ikutin aja dulu dek semuanya, nanti kalian pasti bisa milih sendiri”  Whoaa.. it easy to say mas, mba.

Tapi ketika dijalani ternyata seperti membuat seperti robot saja. Ada postitifnya memang, di tahun awal sebagai maba pastinya ga banyak tahu apa-apa. Belum bisa membedakan prioritas yang mau didalemin. Semua kegiatan kampus diikutin semuanya.

Itu natural dan wajar. Tapi juga bikin pusing, karena kalau kamu banyak ikut kegitan atau organisasi kampus. Kamu mau ga mau harus ngeluangin banyak hal buat ikutin kegiatan sana sin, apalagi kalau organisasinya satu tingkatan– sama-sama fakultasnya. Hari sabtu minggu ngga bisa kemana-mana dan harus ngurusin kegiatan. Seru diawal tapi lama kelamaan akan berbeda. 

Apalagi ketika sudah diakhir kepengurusan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti

  • Bakal prioritas ke organisasi mana?
  • Passion aku di Riset atau Keislaman?
  • Organisasi mana yang butuh aku?
  • Mana yang harus dilepas atau lanjutin?

Pada akhirnya akan tiba masa buat nentuin pilihan. Dan kamu ga bisa milih semuanya, karena ya kalau diterusin milih semua IP saja jadi jelek. wkwk. 

Dan jawabnya ada di tahun berikutnya

Tingkat Kedua (Tahun 2017)

Setelah dipikir matang, direnenungi, dan berdiskusi dengan banyak orang. Saya memilih untuk mereduksi satu dari ketiganya, saya sekarang cuma ikut

  • Inkubasi riset fakultas RIC Bidang Networking Information and Communication
  • Wakil Ketua biro riset Cosmos

Mendapat amanah yang lumayan bisa menguras waktu, tenaga dan materi. 

Terlebih jadi wakil ketua ternyata harus meluangkan banyak hal buat organisasinya. Mengayomi banyak anggota. Dan akhirnya yang di RIC saya milih buat transfer ke bidang NIC.

Alasanya, biar ga sibuk-sibuk banget di RIC.

Tahun kedua ini sih ngga sekeriwehan semacam dulu yang  harus mondar-mandir cuma buat ngurusin acara. Udah ga banyak ikut campur banyak program kerja. Tapi lebih ke tukang evaluator dan ngasih solusi. Padahal hidupnya masih perlu juga digituin 🙁

Namun di tahun ini, saya makin banyak belajar tentang jurusan. Visi misi dan langkah jurusan terutama bidang riset Cosmos yang disayangi oleh Departemen, kegiatannya selalu disupport dan didukung. Kadang ya kasian sama Himpunan yang serasa diduakan.

Di sini juga dapet patener-patner yang membangun dan se-visi.

Lanjut ke tahun setelahnya

Tingkat Ketiga (Tahun 2018)

Memegang organisasi jurusan  hanya diperbolehkan 2 tahun, kalau fakultas bisa tiga tahun. Dan ini lah saya yang kemarin baru saja demisioner

Tahun ini saya cuma ikut satu organisasi tok, mana lagi kalau bukan 

  • Riset Incubator Center, bagian Litbang NIC

Tugasnya hampir seperti wakil ketua,tetapi lebih sempit lagi di bidang tertentu.

Sejujurnya posisi ini cukup membosankan. Kalau di NIC aktivitasnya kebanyakan via online, buat postingan, desain poster, jarkom TIAP HARI. Tapi mengasikannya saya bisa stalkiing orang atau follow orang tertentu lewat OA — Hehe jangan ditiru.

Dan tentunya masih banyak sekali kenangan yang tak dapat mencurahkan di sini, soalnya kalau dicurahkan semuanya di sini bisa-bisa dibandem orang.

Melihat track record organisasi saya, saya merasa cukup bangga dengan diriku ini. Ku ingin berkata Good Job cik, Lanjutkan.

Pesan untuk pencari organisasi

Sedikit pesan dari saya

  1. Kalau milih organisasi jangan asal-asalan, tanyakan pada dirimu apakah kamu bener-bener pengen ikutan organisasi ini? dari pada ketika sudah daftar-diterima-tapi pas keberjalanan malah ngeluyur
  2. Jangan terlalu terpengaruh omongan kating yang terkadang menyesatkan
  3. Pilihlah organisasi yang memberikan dapat dan manfaat jangka panjang sesuai minat kamu

ya cukup segitu saja pesannya.

Terimakasih 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *