Debat Capres dan Presentasi di Kelas

Ternyata debat calon presiden dan wakil presiden belum kelar juga ya.
Masih ada gelombang dua, gelombang ketiga bahkan sampe kelima, yang sepertinya bakal lebih seru dan menarik.

Topiknya relevan nih yang mepet-mepet sains.
Hmmm… coba cek jadwalnya di sini.

Debat yang kemarin ngebahas Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme, saya hanya nonton sekilas, kemudian memantau lewat twitter. dan yah sepertinya kurang greget gitu, ga tau yang mana kurang.

Seperti biasa, menariknya justru dari netizen-netizen yang pada ngomong sendiri-sendiri sampe trending beberapa hari. Menarik lagi seperti biasa Tirto.id yang berkolaborasi sama Mata Najwa bikin Periksa Fakta dong~

Gambar

Paling ditunggu-tunggu ini mah.

Sebelum melangkah jauh kebahasan debat-debatan, karena saya juga ga begitu paham bahasnya gimana. Jika diperhatikan debat, pidato, ya hampir sama kek presentasi.

Presentasi di kelas buat nerangin materi. Iya.

Awalnya ngeriset dulu nyari bahan buat dipresentasikan aka nyari jawaban dari tugas dosen.
Ngeriset-ngeriset, diolah menjadi perpoint-point (kadang ya sedapetnya).
Bikin ppt. Kalau udah bikin ppt kemudian simulasi presentasi, simulasi kelar baru evaluasi dan siap presentasi.

Jika persiapan presentasinya bener dan tenanan, presentasinya bakal bagus dan ngga kebingungan jika ditanya-tanya dosen.

Nah masalahnyaaa…
Biasanya diriku kalau presentasi apalagi presentasi kelompok baru ngerjain H-12 jam sebelum presentasi berlangsung. Presentasi besok jam 8 pagi, eh bikinnya baru dari tengah malem. hadeh.

Akhirnya ga tidur dan ngeblank, ga sempet riset materi yang bener ditanya dosen ngga bisa (kalau temen juga ga nanya, kan udah janjian pas kemarinnya)

Jadi tahap nyiapin presentasinya dipercepat.
Nah kalau kemarin ada yang bilang ada capres atau cawapresnya kurang joss. Barangkali persiapannya juga kurang. Hihi.

ngisi presentasi di Cosmos Fisika Undip

Sepanjang saya kuliah di Fisika. Salah satu ppt paling bagus dan niat yang pernah saya kerjakan adalah ini

Faktor pendorongnya :

– Dosennya adalah dosen pembimbing sendiri, kalau ga bisa malu.
– Dosennya memang susah, susahnya tu ya susah pertanyaannya berkompeten gitu jadinya harus persiapan dulu.
– Selain faktor dosen materi ini materi yang basic banget buat anak fisika material harusnya paham.

Persiapannya bikin ppt sudah mending nyicil dari beberapa hari untuk cari materi. Namun riset materinya kurang, point-point penting belum tersampaikan.

dan ya sepertinya saya baru nyadar juga.

Bikin ppt itu ternyata…
Baca, riset, latihan, simulasi, bikin ppt yang bagus. Bagus dalam artian ngga cuma full of text gitu pptnya.
Kebanyakan bikin ppt seperti menyalin semua catatannya dalam slide. Kasihan diriku yang minus tidak bisa melihat tulisan yang terlalu kecil ­čÖü

Tapi kadang ya tidak ku lakukan, terutama saat dapat kelompok besar dan tiap materi dibagi-bagi peranggota kemudian dikolektifkan.
kalau yang ngedit sabar dan kreatif PPTnya bakal bagus, kalau ngga? ya amburadul.

Intinya.

Mau debat calon presiden atau presentasi skala di kelas untuk mahasiswa ya harus belajar yang mateng dulu, persiapkan yang ingin disampaikan.

Sudah diberi kisi-kisi juga tho?
Materinya bisa dicari.

Biar bisa bagus kek Pak Walter Lewins kalau presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *