Pendafran Beasiswa LPDP, ini yang harus kamu siapkan

Saya ngga punya banyak trik ataupun tips jitu lolos LPDP. Tetapi mungkin ini akan membantumu untuk mempersiapkan untuk mendaftar dan mendapatkan beasiswa tersebut.

Sebelumnya perlu diketahui. Dari tahun ke tahun beasiswa LPDP sepertinya mencoba mencari cara paling efektif untuk menyaring pelamar. Tahun 2019 ini tipe seleksinya cukup berbeda dengan tahun sebelumnya dan tidak menutup kemungkinan di tahun ini juga bisa jadi berbeda.


Baiklah, sebelum kamu mendaftar beasiswa LPDP ataupun beasiswa yang lain ada baiknya melakukan hal-hal berikut.

  • Pahami beasiswa tersebut. Siapa pemberi beasiswa, sumber dana, bagaimana kebijakan dari pihak pemberi beasiswa. Pahami luar dan dalamnya.
  • Baca dan pahami buku panduannya. Apa saja syarat-syarat pendaftarannya dan apa saja yang perlu disiapkan— Jangan asal manut ‘katanya’ kakak tingkat
  • Lakukan riset. Cari informasi terkait detail info beasiswa, catatan orang yang pernah mengikuti seleksi sebelumnya. Kumpulkan data-data yang akan membantumu menyiapkan tahapan seleksi LPDP.
  • Berikan yang dimau LPDP. Jelas sih. Kamu mau beasiswanya ya harus taati ketentuan dan apa yang mereka mau.

Agar mendapatkan beasiswa LPDP kamu harus mengikuti 3 tahap seleksi, i) seleksi administrasi, ii) seleksi berbasis komputer (SBK), dan iii) seleksi wawancara.

Mana yang paling penting? Semuanya penting. Kalau tidak lolos disalah satu seleksi saja ya jelas gugur mendapatkan beasiswanya.

Jadwal pembukaan seleksi administrasi beasiswa LPDP 2019— secara umum tiap tahun waktunya mendekati bulan-bulan segitu

Selain itu, kamu juga harus secara khusus mempersiapkan tiap-tiap seleksi. Lebih lengkapnya silahkan baca:

Lalu bagaimana dengan tingkat kesulitan seleksi?

Menurut saya, secara umum seleksi LPDP juga sama dengan seleksi beasiswa yang lain. Hanya saja karena LPDP sejenis beasiswa sejuta umat yang artinya buanyak yang pengen dapet beasiswanya. Sehingga persaingannya makin ketat.

Tapi tenang saja. Siapa saja punya peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa ini kok. Asal mau berusaha dan bekerja keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *