Jangan Jadi Turis Fisika

Turis fisika itu gimana?

Kamu seakan-akan mengagumi fisika, waw, merasa keren dengan fisika, tapi kamu ngga paham betul dengan apa itu fisika.

Ya semacam turis yang lagi mengunjungi sebuah tempat wisata, dia kagum sama tempat itu, tapi dia ngga bener2 ngerti mengenai tempat itu. Kekagumannya ditunjukkan cuma lewat foto di tempat itu, dll.

Terus jadi yang gimana bagusnya?

Ya jadi anak fisika yang bener, bukan sekedar turis.
Kamu kagum, tertarik, merasa keren sama fisika, tapi semua kekagumanmu itu berdasar, kamu harus nyemplung di fisika sehingga kamu paham juga dengan apa yang kamu lakukan.

Kalo yang sebelumnya itu turis di tempat wisata, yang ini itu ibaratnya pemandu wisata di tempat itu. Dia sendiri kagum dengan tempat itu, tapi dia ya ngerti bener dengan tempat itu, dia udah menjelajahi tempat itu.

Kekaguman dia ngga sekedar ditunjukkan dengan foto solfie di tempat itu, tapi dengan wawasan dan kehebatan dia.

Nah, kalo kamu pengen jadi anak fisika.. ya kamu harus nyemplung di fisika. Ngga cuma keren2an kek rumus2, ilmuwan, angkasa, dll.

Kamu harus bener-bener nyemplung dan terlibat: penelitian, eksperimen, analisis dll—-yang mana itu ngga menyenangkan.

Tapi dengan hal2 tidak menyenangkan itulah kamu bakal bener2 kebentuk fisikanya. Ngga sekedar jadi turis

Jadi gitu, kalo kamu emang niat di fisika, ya harus terjun di hal2 ngga menyenangkan itu, melakukan penelitian, bikin karya ilmiah, dll

Kalo misal kamu gasuka bentuk pkm/kti, ya cari aja bentuk lain, bisa kok.. entah kamu penelitian pake uangmu sendiri, dll

Tapi yang paling gampang ya pkm/hibah/kti itu,

Yang penting dimanfaatkan sebaik-baiknya 🙂
#fisikaundip


Noted:

Tulisan lama waktu masih kuliah di Fisika Undip, dapet wejangan karena males kuliah dan ikut aktivitas lomba karya ilmiah.

Ini juga catatan buat makin semangat kalau misal lanjut kuliah lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *