Mengapa grafik Corona Virus berbentuk eksponensial? Apa dampaknya?

Exponential graph by geogebra.org

Masihkah ingat dengan soal matematika saat SMP dan SMA.

Suatu bakteri akan membelah diri menjadi dua setiap menit. Jika banyaknya bakteri semula ada 2, maka berapa banyaknya bakteri setelah 10 menit?

Jika, menemui soal yang semacam ini otomatis kamu akan refleks berfikir, seperti ini:

Continue reading “Mengapa grafik Corona Virus berbentuk eksponensial? Apa dampaknya?”

4-5 tahun ke depan mau jadi apa?

Ke-teriggerd gegara tweet-nya Mahendra.

Langsung merasa: Ihh.. asyem. Ku mau jadi gimana ya?, Karena hampir secara pastinya ku juga belum punya detailnya. Hal ini membuat tambah sedikit mengkhawatirkan, karena makin lama usia makin tua. Tiba-tiba udah 23 tahun aja.

Continue reading “4-5 tahun ke depan mau jadi apa?”

Bagaimana cara memilah informasi dengan tepat?

Akhir-akhir ini masyarakat heboh dengan wabah Corona yang menyebar. Makin panik lagi ditambah dengan banyaknya hoax yang menyebar di tengah masyarakat.

Gimana gak muncul hoax coba?

Dapat dipastikan hampir setiap saat kamu akan mendapatkan broadcast tentang pernyataan virus Corona, Informasi virusnya, cara bikin sabun atau handsanitizer, pengalaman menghadapi virus Corona, dan masih banyak lagi jenisnya.

Tidak salah berbagi Informasi. Namun, yang terkadang salah adalah informasi tersebut tidak dipilah terlebih dahulu. Akhirnya hoax menyebar kemana-mana.

Padahal ya kalau dilogika, harusnya masyarakat kita udah mampu memilah mana yang hoax mana yang enggak? kan.

Continue reading “Bagaimana cara memilah informasi dengan tepat?”

Menghadapi orang-orang ngeyel di WhatsApp tentang COVID-19

Siang ini di grup WA yang isinya anak-anak santri lagi pada debat perihal kegiatan social distancing, yang mengakibatkan terjadi pembatasan aktivitas peribadatan di masjid atau pun tempat ibadah yang lain.

Kok sholat dilarang?
Kok ngga diadain sholat?
Ngaji juga dilarang?
Mereka lebih takut mati ketimbang takut sama Allah.

Kalau dicermati, sebenernya ngga ada kok yang ngelarang buat sholat atau pun beribadah yang lain. Adanya, pembatasan terhadap tempat dan pelaksanaan ibadahnya.

Slow gengs, ga ada yang membatasi hak kalian.


Continue reading “Menghadapi orang-orang ngeyel di WhatsApp tentang COVID-19”

Perempuan perlu belajar menghasilkan uang

Sebenarnya ya cukup lama saya mengiyakan tentang konsep walaupun sudah menikah, wanita harus tetap bisa mandiri dan tetap produktif menghasilkan uang.

Karena, kita sebagai manusia sejatinya tidak akan pernah mengerti apa yang terjadi di masa depan.

Entah akan peritiwa apa yang akhirnya suami tidak bisa menafkahi, kekurangan uang untuk biaya hidup di keluarga, ataupun untuk kebutuhan medesak untuk pribadi lainnya. Semoga jangan kejadian, tapi ngga masalah to prepare jauh-jauh hari.

Namun, ada hal lain yang ternyata terlupa danngga saya sadari setelah menonton podcast dari bang Radit bersama mbak Wina.

Continue reading “Perempuan perlu belajar menghasilkan uang”