Kuliah menggunakan aplikasi Zoom

Ini pertama kalinya saya menggunakan aplikasi tersebut juga. Pernah sekali download, tapi sebelum sempat dipakai dirasa aplikasinya ngga keguna juga. Kelas pakai Skype biasanya.

Setelah beberapa kali menggunakan aplikasi per-video-an, sepertinya saya kurang prefer dengan hal tersebut.

Saya ga suka pakai aplikasi video call. Kalau pakai mesti dimatikan video dan suaranya. Ngga pede. Ditambah posisi kan di rumah, berisik banget dan kadang sinyal ngga jelas.

Ditambah lagi, suatu fakta bahwa saya juga ga pernah video call ataupun telfonan kalau di rumah. Kalau ngomong pasti terbata-bata dan ngga jelas.

Jadi dari pada malah ngganggu mending di matiin. Tapi, jujur kalau saya lebih pede saya ngga akan begini. RIP kepedan XD


Akhir-akhir ini juga mulai muncul isu-isu yang menyatakan bahwa aplikasi Zoom berbahaya untuk digunakan.

Tapi emang bener ya Zoom berbahaya?

Sejujurnya saya ngga paham juga.

Namun, perlu dipahami hampir setiap aplikasi yang kamu download dan kamu gunakan juga ada resiko yang sama. Kita ga pernah tau data yang kita masukan ataupu aplikasi yang kita gunakan untuk masuk akan diproses seperti apa.

Bagaimana pengamanan data dan kebijakan perlindungan hak priviasi pengguna. Kita ngga pernah tahu secara jelasnya seperti apa.

Yang terpenting dibalik benar salahnya berita ini. Kita harus lebih aware dalam melindungi data privasi di internet. Juga bisa melakukan langkah antisipasi seperti:

  1. Buat dua email atau lebih. 1 khusus untuk mbanking dan yang penting-penting, sosial media, dan satu untuk masuk ke aplikasi-aplikasi tertentu yang belum terverifikasi (?).

    Saya pakai email buat login Zoom juga bukan email yang biasanya buat m-banking atau email resmi.
    .
  2. Hati-hati dengan modus chat lewat SMS dengan perintah memasukan kode, klik website atau semacamnya
    .
  3. Hati-hati bermain game di Facebook atau internet, yang bisanya butuh konfirmasi atau akses data ke akun facebook. Kalau tetep pengen nyoba, lalu harus gimana? baca tips nomer 1
    .
  4. Buat password yang berbeda-beda di semua akun, ya ga harus beda semuanya sih. Biasanya ku juga sering lupa.

    Setidaknya bervariasi aja lah dan jangan yang berkaitan dengan identitas diri. Misal nama, tanggal lahir. Mudah ditebak. Biasanya udah disarankan juga waktu ngetik password.

Pokoknya harus lebih aware jika menggunakan internet, sekarang kejahatan bentuknya macem-macem makin canggih juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *