Berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta (1 Jam dari UGM)

Beberapa waktu lalu di akhir pekan saya sempat berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan di Bantul, Yogyakarta.

Dulunya, kawasan hutan pinus ini adalah hasil sulapan daerah tandus tanpa pepohonan yang kemudian setelah penanaman pinus akhirnya berubah menjadi destinasi wisata alam yang asri.

Lokasi dan Harga Masuk Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan Jogja
Foto dari oleh Raskita.com, Kira-kira ini bagian bawah yang berupa pangung dari lokasi hutan kawasan hutan ini. Saya kelupaan ambil foto tempatnya secara utuh.

Tempat wisata hutan pinus ini terletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kurang lebih butuh waktu sekitar 1 jam perjananan menggunakan motor dari UGM.

Perlu diketahui akses jalan menuju lokasi hutan pinus ini cukup ekstrim, sebelum berangkat pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima. Terutama untuk yang berkendera dengan motor ya, tanjakan dan turunannnya sangat tajam.

Fasilitas dan Harga Makanan

Tentu saja sebagai salah satu destinasi wisata alam yang populer di Jogja, hutan pinus mangunan ini menawarkan berbagai spot foto yang menarik.

Jika kamu datang sendiri atau ingin difotokan bersama teman, di sini juga ada beberapa juru kamera yang menawarkan pemotretan foto di tempat tertentu. Tentu saja walaupun berbayar, hasil foto yang diambil lebih berkualitas dan pengambilan gaya yang baik.

Ini foto sendiri menggunakan ponsel. Jika ingin difotokan oleh penyedia jasa, tarifnya sekitar 20 ribu untuk 5 buah file foto.

Selain pemandangan dan spot foto yang instagramable, di sini juga disediakan beberapa fasilitas seperti camp tempat perkemahan, mushola, dan kamar mandi. Btw, kamar mandinya bersih dan airnya sangat dingin.

Ada warung yang menjual makanan dari makanan ringan hingga berat. Kita juga ga perlu khawatir perihal harganya, menurut saya harga di sini masih sangat masuk akal. Macam kebanyakan harga makanan dekat kampus UGM.

Paling cocok untuk pinknik dan bersantai

Menurut saya tempat ini sangat recomended bagi kalian yang lelah sedang ingin refreshing dan sejenak meninggalkan padatnya aktivitas entah itu kerjaan atau perkuliahan.

See also  Review Acne Essence Toner Scarlett, Efektif Meredam Jerawat & Beruntusan

Sangat nyaman bersantai dan menikmati pemandangan di hutan pinus ini.

Kamu bisa membawa makanan dari rumah dan menikmati makanan di sana, ala-ala piknik gitu. Tapi tetap harus diperhatikan buat selalu menjaga kebersihan, jangan sampai bekas bungkus makanan bercecer di area kawasan hutan.

Oh iya, pesan saya jika mengunjungi tempat ini adalah jangan lupa bawa air minum. Tempatnya lumayan luas dan ketika sudah masuk ke dalam hutan pinusnya tidak ada penjual makanan dan minuman. Tentunya akan kehausan setelah berkeliling area kawasan hutan pinusnya.


Satu lagi jIka ingin menikmati suasana di sana dengan lebih puas, kamu bisa memilih berkunjung ke sana saat weekdays. Saat weekend atau libur tempatnya ramai pengunjung, dan kadang agak menganggu untuk berfoto dengan lebih nyantai.

Featured Photo by Bangkit Ristant on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *