Ikut Kelas Menyusun Plot Raditya Dika

Sabtu, 11 September lalu. Saya ikut kelas menyusun plot Raditya Dika .

Awalnya ngga habis pikir dapet kesempatan buat daftar kelas ini. Soalnya tiap mau daftar kelas-kelas sebelumnya udah keburu ditutup. Nah, untung untuk kelas ini saya berhasil buat dapetin slot kelasnya.

Banner oleh loket.com

Saya join kelas sekitar 15 menit sebelum acara dimulai.

Sambil menunggu jam 1, Reza (tim penulis kreatifnya bang Radit) menjelaskan prosedur dan tata tertib selama kelas serta memberikan sedikit pengantar kelas menulis.

kelas menulis Raditya Dika

Lalu secara umum, pembahasan dalam kelas menyusun plot Raditya Dika ini dapat dipecah menjadi 3 bagian:

  • Pertama tentang cara membangun cerita,
  • kemudian bagaimana membuat plot atau alur cerita,
  • yang terakhir adalah bedah cerita.

Di kelas ini pokoknya kita ajarin cara meramu dan menyusun alur atau plot cerita hingga menjadi cerita panjang yang utuh, memuaskan, serta menarik untuk dibaca.

Kelas ini sebenarnya fokus buat nge-bedah pembuatan cerita panjang seperti novel dan film. Tetapi, karena di awal kelas sudah diajarin main frame dalam menulis, teknik dasar kepenulisan yang diajarin bisa berguna dan applicable untuk diterapkan kepenulisan dalam bentuk yang lain.

kelas menulis Raditya Dika

Jika kita masih kurang paham dengan materi atau butuh pencerahan dalam menulis. Di sepanjang sesi ini peserta bisa langsung menuliskan di kolom chat zoom-nya dan langsung direspon oleh bang Radit.

Walaupun kelasnya ngga bisa open mic buat peserta, tapi tetap sangat komunikatif dan diskusi dua arah yang baik. Pembawaan bang Radit juga menyenangkan dalam membawakan materi. Pesertanya juga sangat antusias terhadap kelas ini.

Sampai-sampai acara yang awalnya hanya 2 jam, menjadi 3.5 jam. Tetapi saya sangat menikmati 😀

kelas menulis Raditya Dika

Seneng banget sih berkesempatang buat ikut kelas ini, banyak insight baru dalam menulis yang selama ini nggak pernah kepikiran dan juga dapat pencerahan juga dalam menulis.

Hehe, saya lagi mandek juga sama tulisan, belum kelar-kelar.

Oh iya, kata bang Radit kelas menulis plot cerita ini merupakan kelas terakhir di periode ini dan kayaknya bakal ada jeda waktu yang lama untuk kelas berikutnya. Alhamdulillah saya jadi ikutan 😀

Featured Photo by Annie Spratt on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *