Pakai Acyclovir, Obat Salep Herpes, Herpes Langsung Kering

Herpes adalah salah satu infeksi virus menular yang umum dialami oleh manusia, setidaknya saya juga pernah mengalami penyakit ini.

Herpes ini bukan yang penyakit seksual menular itu ya, melainkan sejenis cacar. Pembawa virusnya berbeda. Herpes yang saya alami ini disebabkan oleh virus human herpes virus 3 (HHV-3) atau varicella-zoster virus.

Virus ini juga lah yang menyebabkan penyakit cacar air dan cacar api, biasanya ketika terinfeksi menyebabkan gejala ruam merah pada kulit dan kadang disertai disertai rasa sakit atau terbakar.

Nah, untungnya sebelum virus ini makin menyebar saya menemukan obat ampuh untuk pembasmi herpes ini. Acylovir namanya.

Apa Itu Acyclovir?

Acyclovir adalah obat antivirus yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simplex, herpes zoster, dan varicella-zoster (cacar air).

Bentuk dari Acyclovir ini ada bermacam-macam mulai dari tablet hingga krim, namun yang menurut saya lebih mudah diaplikasikan adalah yang bentuk krim atau salep.

Kalau dari yang saya baca-baca obat Acyclovir ini nantinya akan berperan sebagai antivitus yang menghalangi pertumbuhan dan penyebaran virus.

Harga acylovir obat herpes kulit

Acyclovir Obat Herpes

Jika kamu sedang mencari obat acylovir ini tenang aja kok. Obatnya dijual bebas di toko obat-obatan atau pun apotek. Jadi sangat mudah untuk dicari.

Dari segi harga juga tidak perlu khawatir, obat acylovir ini sudah termasuk obat generik yang mana memang sudah banyak diproduksi oleh perusahaan dan dipasarkan dengan harga yang murah.

Di apotek daerah saya di Salatiga, obat Acylovir yang saya beli seharga 4000 rupiah saja untuk jenis Acylovir 5% berat 5 gram. Murah banget kan.

Penggunaan salep acylovir

Seperti penggunaan obat lainnya, sebelum menggunakan salep terlebih dahulu baca aturan pakai di belakang kemasan obatnya kemudian mulai mengaplikasikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

See also  Berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta (1 Jam dari UGM)

Untuk herpes pada kulit, cukup oleskan salpenya tipis-tips pada area yang terserang virus. Kemudian di oleskan ulang setiap tiga jam sekali, diulangi hingga kondisi herpesnya sembuh dan menghilang.

Sebelum mengoleskannya terlebih dahulu pastikan tangan atau alat yang digunakan bersih ya. Saran saya lebih enak gunakan cotton bud sekali pakai sehingga bekas harpes tidak menyebar ke lingkungan.

Manfaat Penggunaan Obat Acyclovir sebagai Salep Herpes

Yang saya rasakan adalah salep ini dapat membantu luka herpes lebih cepat sembuh.

Selain lukanya lebih cepat mengering setelah diolesi dengan Acyclovir, lokasi lukanya pun tidak merembet kemana sehingga mencegah terbentuknya luka baru.

Obat ini juga membantu mengurangi rasa panas dan gatal yang timbul dari virus ini.

Efek Samping dan Perhatian Khusus

Seperti obat-obatan lainnya, Acyclovir juga tetap memiliki potensi efek samping. Meskipun jarang terjadi, ada beberapa pengguna yang mungkin mengalami bibir kering atau pecah-pecah, kulit mengelupas atau terasa terbakar.

Dan seperti yang saya bilang tadi obat ini memang efektif untuk mengatasi herpes, namun bukan berarti bisa secara total menghilangkan virusnya secara permanen.

Karena tujuan penggunaannya adalah meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan penyakitnya, bisa saja efek penyembuhan setiap orang akan berbeda-beda juga.

Jika sudah menggunakan obat ini lebih dari 4 hari, lebih baik segera menghubungi dokter agar virus segera ditangani dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *