Finally, Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Tanggal 27 Juli kemarin saya melakukan vaksin Covid-19 untuk dosis pertama. Setelah rebutan seat vaksin di website pendaftaran vaksin.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu terlaksana juga.

Saya melakukan vaksinasi di Gadjah Mada Medical Center (GMC), GMC sendiri ini merupakan klink kesehatan yang diperuntukan bagi mahasiswa UGM. Jadi kalau misal sakit ringan atau perlu konsultasi kesehatan bisa main ke GMC.

vaksin covid-19

Sejauh ini di GMC menggunakan vaksin Sinovac. Walaupun awalnya ragu karena katanya efektivitasnya tidak begitu bagus, tapi yang penting divaksin dulu. Apalagi di Jogja kasus positif covidnya juga sedang besar dan banyak fasilitas kesehatan yang penuh.

Oh iya, untuk daftar vaksin di Jogja Ini menurut saya sudah sangat amat difasilitasi oleh pemerintah dibanding di kabupaten saya sendiri.

Tetapi ya gitu, karena kapasistas hariannya terbatas dan peminat vaksinnya banyak otomatis buat dapat antrian pendaftaran vaksin udah macam rebutan hadiah.

Cara mendaftar vaksin covid-19 di Gadjah Mada Medical Center

Bagi yang ingin melakukan vaksinasi di GMC, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama mengisi pendaftaran di website daftarvaksin.slemankab.go.id
  • Selesaikan isian diformulirnya, untuk fasilitas kesehatan pilih klinik Gadjah Mada Medical Center (kemarin ini paling atas listnya)
  • Setelah menyelesaikan pendaftaran kembali ke awal tampilan, lalu pilih jadwal.

Biasanya GMC melakukan update pendaftran setiap hari senin jam 8 pagi. Saya sarankan buat mengisi identitas, sehingga jam 8 tepat sudah bisa memilih jadwal vaksinasi. Lewat 5 menit saja udah keburu ngga kebagian antrian vaksinasi.

Jika, sudah berhasil melalukan pendaftaran dan pemilihan jadwal. Kamu akan mendapatkan kartu antrian vaksin beserta nomer urut dan harinya.


Saat ini, kondisi saya setelah melakukan vaksinasi alhamdulillah baik-baik saja.

Hanya saja selesai vaksin kemarin rasanya mengantuk, badan terasa pegal-pegal, dan nyeri dibagian bekas suntikan vaksin. Sudah coba konsultasi ke bagian pasca vaksin katanya itu reaksi normal dan masih aman.

Semoga kedepannya juga selalu sehat dan kalau ada gejala pasca vaksinnya juga yang wajar-wajar saja.

Jangan lupa yang belum vaksin covid-19 , segera vaksin ya. Selain melindungi diri kita sendiri, juga melindungi keluarga dan orang-orang terdekat kita.

Featured Photo by Marisol Benitez on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *