Belajar Python dari Awal

Kegiatan saya di kampus minggu ini adalah belajar python.

Python sendiri merupakan satu dari sekian banyak bahasa pemograman untuk membuat program, pengolahan data, yang dibangun dengan melakukan pengkodean.

Berhubung penelitian tesis saya melibatkan analisis berbasis machine learning, mau tidak mau harus belajar Python.

Hal ini termasuk baru bagi saya, sebelumnya pun belum pernah belajar bahasa pemograman. Paling dulu di S1 belajar fisika komputasi dengan Math Lab. Itu pun sudah lupa.

Begitu pula ditempat kerjaan dulu, ya sebenernya ada sih yang pakai sering Python atau pemograman lain (bagian elektronika). Namun, kerjaan saya ngga dibagian itu dan dulu ngga kepikiran juga buat belajar.

Jadinya memang belajar dari awal sekali.


Saya belajar Python bersama dengan ibu-ibu mahasiswa S3, dan diajarin oleh mas Haris selama 4 hari. Mas-nya ini emang udah khatam masalah Python dan pengolahan data buat machine learning.

Hari pertama. Di hari pertama belajar tentang environment Python dan mencoba beberapa fungsi.

Hari kedua. Mulai naik nih materinya. Kita belajar untuk melakukan pengolahan data dari eksperimen yang udah dilakukan. Menyusun tabel data dan membuat grafik.

Hari ketiga. Pengolahan data yang melibatkan modul machine learning. Kita belajar tentang PCA dan LDA, dua metode yang sering digunakan untuk pengolahan data penelitian yang kami lakukan.

Hari keempat. Hari terakhir yang saya agak-agak masuk ngga masuk sama yang disampein masnya. Soalnya udah masuk ke teori dan algoritma programnya.

belajar python

Kegiatan ini lebih mirip workshop dan kunci dari keberhasilan itu workshop ya dengan mengulang dan belajar sendiri lagi di rumah.

See also  Karhutla, Kebakaran Hutan & Lahan Gambut, Dan Cara Mengatasinya

Karena, materi yang dieksplor pun belum menyeluruh. Terutama karena untuk tesis, tentu saja teori secara matematis nya juga harus dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *