Review : Buku Kartun Lingkungan, Larry Gonick & Alice Outwater

Penulis: Larry Gonick & Alice Outwater
Tahun terbit : 2021, Cetakan ketiga
Harga: Rp 75.000,-
Penerbit:

Larry Gonick adalah salah satu penulis sains kesukaan saya, dia sangat pandai menuangkan konsep sains yang tak jarang rumit untuk dipahami dalam bentuk komik yang mudah dicerna dan sangat interaktif.

Buku ini diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia, seperti yang kita tahu KPG banyak mengalih bahasakan banyak buku-buku Sastra, Sejarah, dan buku Ilmu Pengetahuan populer dari luar negeri.

Dalam buku Kartun Lingkungan ini, Larry Gonik banyak melakukan pendekatan terhadap gambaran apa yang telah terjadi, sedang terjadi saat ini, dan apa yang akan (mungkin) terjadi pada lingkungan.

Seperti dalam kisah Pulau Paskah dan penduduknya di awal buku ini.

Bahasan tentang Lingkungan yang Menyeluruh

Buku kartun lingkungan ini membahas topik-topik lingkungan mulai dari daur kimia, komunitas makhluk hidup, pemanasan global dan keterkaitannya dengan manusia, yang dibagi menjadi 14 bab bahasan.

Berdasarkan bahasan dan topiknya, saya pikir buku ini juga sangat cocok untuk menjadi pelengkap bahan ajar di sekolah.

Ringkas dan tidak membosankan untuk dibaca, serta menghadirkan pembahasan yang lebih luas dibanding dengan text book di sekolah yang cenderung agak membosankan.

Begitu juga dengan ilustrasi gambar dalam buku ini. Pengambarannya menarik dan membuat kita lebih padam dengan topik yang dijelaskan.

Jokesnya pun sangat relate dengan guyonan orang Indonesia. Jadinya masih nyambung dan dapet lucunya (biasanya komik terjemahan jadi ilang lucunya setelah dialih bahasakan). Good job pak penerjemah (y).


Setelah membaca buku ini, saya mendapatkan banyak dorongan untuk lebih mencintai bumi yang kian lama keadaanya makin kurang baik. Karena, tanpa sadar kita jugalah yang meciptkan malapetaka kerusakan lingkungan tersebut.

Memotivasi agar mengambil tindakan untuk ikut memperlambat pemanasan global dan pencemaran lingkungan. Sekecil apa pun tindakan yang kita lakukan akan berdampak besar bagi kelestarian lingkungan

One Reply to “Review : Buku Kartun Lingkungan, Larry Gonick & Alice Outwater”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *