Trend Media Sosial : Instagram

Masalah “kebobolan” data nampaknya memang akan menjadi isu yang hangat dalam membahas sosial media ataupun yang berhubungan dengan identitas manusia.

Salah satunya perihal trend Instagram yang lagi jadi sorotan di antara pengguna media sosial dan tentu saja, saya sebagai seorang yang aktif di media sosial juga mengikuti trend ini.

Lalu apa yang dipermasalahkan? Penyebaran data pribadi (yang tidak disengaja) seperti ini.

Saya rasa ini hanya sarkas dan memang sebagai pengingat jangan sampai ikut nge-share hal yang begitu. Keliatan cuma editan.

dan ini…

Terlepas benar atau tidak nya cerita dari akun tesebut. Bagi saya ini menjadi semacam pengingat agar lebih berhati-hati dalam membagikan momen di internet.

Lindungi data pribadi mu

Perlu diingat dalam bermedsos juga harus dipertimbangkan konsekuensinya. Ngikut trend seperti ini ya sah-sah saja dan tidak masalah digunakan.

Yang jadi problem ialah jika kita malah karena ketidaktahuan kita dan berimbas tanpa disadari mempublikasi data pribadi.

…dan oh iya, semua fitur di Internet dan media sosial itu tentu saja ada sisi positif dan negatifnya tergantung bagaimana si penggunanya.


Internet memang menawarkan keterbukaan dan banyak informasi yang bisa kita akses. Sayangnya, kadang ngga diimbangi dengan edukasi terkait kesadaran pengguna terhadap ancaman privasi.

Sehingga seiring majunya perkembangan teknologi, kita juga harus senantiasa belajar untuk memahami dan memilah dalam berinternet dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *