Review : Sister Fillah, You’ll Never be Alone Buku dari Kalis Mardiasih

Judul: Sister Fillah, you’ll never be alone
Penulis: Kalis Mardiasih
Tahun terbit : 2020, Cetakan kedua
Harga: Rp 79.000,-

Buku ini sekitar dua minggu lalu saya beli dari Tokopedia, baru sempat saya selama berkegiatan di semarang minggu lalu dan baru sempat untuk saya tulis reviewnya hari ini.

Seperti buku-buku yang telah mba Kalis terbitkan sebelumnya, yang saya suka adalah dia selalu menghadirkan karya tentang keperempuanan yang tengah hangat diperbincangkan di masyarakat.

Setelah membaca keseluruhan buku ini, rasanya buku ini seperti kelanjutan dari tulisan mbak Kalis di buku sebelumnya Muslimah yang Diperdebatkan. Bisa diibaratkan macem adeknya.

Hanya saja, bahasan yang digunakan lebih light dan lebih mudah untuk dicerna oleh kalangan remaja, terutama untuk perempuan yang ingin belajar tentang islam, perempuan, dan problematikanya di masyarakat.

Memahami sisi perempuan yang lainnya

Dalam buku Sister Fillah, You’ll never be alon ini, mbak kalis banyak membahas mulai dari hal perempuan dan pakaian, profesi, reproduksi, keberanian perempuan untuk bersuara, juga tentang bahasan seputar RUU PKS.

Isi tulisan-tulisan ini juga memberikan banyak sisi pengetahuan yang belum saya pahami.

sister fillah quotes

Banyak diantaranya menyadarkan saya untuk lebih peduli terhadap diri sendiri dan terhadap sesama perempuan di sekitar saya, bahwa peduli terhadap perempuan tak perlu muluk-muluk untuk menujukkannya.

Tak perlu ikut teriak-teriak dimuka umum, kamu bisa menunjukkannya lewat hal-hal kecil seperti membantu sesama perempuan, saling support, dan tidak menghakimi satu sama lain.

Buku yang tak hanya untuk perempuan

Melihat isinya, menurut saya buku ini ngga hanya dihadirkan untuk dibaca perempuan saja.

Rasanya laki-laki juga sangat perlu untuk membaca bukunya, biar lebih peka dan makin mengerti kondisi menjadi seorang perempuan.

sister fillah quotes

Terlebih terkait dalam siklus reproduksi seorang perempuan. Saya yakin masih banyak laki-laki yang belum tahu, soalnya kadang pihak perempuan pun ngga tahu terkait hal semacam itu.

Apalagi dalam pendidikan formal di sekolah juga jarang sekali permasalahan semacam itu dibahas.

Cukup sekian review singkat saya.
Oh iya, kalau misal diminta buat ngasih nilai rating saya kasih nilai 4/5 buat buku Ini. Semoga bermanfaat buat kalian yang ingin membaca bukunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *