Kupas Tuntas Tes TPA PAPs Online UGM 2020 untuk Pendaftaran Pascasarjana

PAPs atau Potensi Akademik Pascasarjana adalah sejenis Tes Kemampuan Potensi Akademik (TPA) yang diselengarakan oleh Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu syarat dalam proses seleksi masuk pascasarjananya dan untuk keperluan akademik lainnya.

Saya mengambil tes PAPs untuk mendaftar studi lanjut di program pascasarjana Fisika UGM, dengan nilai minimum TPA sekitar 450.

Secara umum semua terkait teknis prosedur pelaksanaan, pendaftaran, dan pengumuman tes sudah dijelaskan di website-nya paps.

Di sini saya hanya akan memberikan ulasan dan berbagi pengalaman saat menjalani tes tersebut.

Pendaftaran Tes Paps

Sebelum melakukan pendaftaran pertama yang dilakukan adalah melakukan pembayaran. Pembayaran senilai 200.000 melalui ATM, kemudian cetak bukti transfernya.

Dari sini kita akan mendapatkan username (ID) dan password yang dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran tes. Username dan password ini dapat digunakan satu kali dengan bebas memilih tanggal tes yang diinginkan.

Jadi secara ngga langsung kamu juga bisa ngatur-ngatur tanggal tes, belajar persiapan dan latihan soalnya. Misalnya saya sendiri melakukan pembayaran tes di bulan oktober, dan baru menggunakannya untuk tes di bulan desember.

Jadwal tes dan pendafrtaran tes bisa dilihat di link berikut

Oh ya, usahakan daftarnya jangan terlalu mepet deadline akhir pendaftarannya ya. Soalnya bisa jadi udah penuh kuotanya. Apalagi disaat mendekati pembukaan program pascasarjana.

Waktu saya daftar tes ini juga sudah mepet mau penuh. Kuotanya kurang 7 peserta lagiii~ Alhamdulillah masih bisa daftar XD

Jika pendaftaran berhasil, nantinya kamu akan mendapat kartu peserta seperti ini.

Kemarin bisa dicetak H-7 sebelum tes.

Pelaksanaan Tes

Pelaksanaan tes PAPs selama pandemi Covid-19 dilakukan secara online, jadinya ngga perlu datang ke Jogja langsung.

Setelah melakukan pendaftaran, semua informasi mengenai tes diberitahukan melalui email. Pastikan email yang kalian pakai untuk melakukan pendafaran merupakan email yang aktif.

Seminggu sebelum tes, panitia akan memberikan rincian peraturan pelaksanaan tes, cetak kartu, dan program apa saja yang perlu di instal.

Setelah instalasi software (zoom dan program tes TPA), nanti juga ada semacam trial untuk mengerjakan soal-soal tes menggunakan software yang sudah diinstal.

Soalnya ngga banyak, hanya 5 soal. Awalnya ngira bakal banyak ternyata engga, tapi emang tujuannya emang biar kita terbiasa dengan software-nya sih. Biar ga bingung pas tes.

Tes dilaksanakan menggunakan soal yang sudah di instal dan menggunakan zoom untuk pengawasan dan komunikasi dengan panitia (kamera dan suara wajib on ya).

Di awal tes panitia akan memberikan briefing dan membacakan tata cara pelaksanaan tes. Kemudian verifikasi identitas, bagian ini paling lama menurut saya, nunggu peserta untuk masuk zoom dan ngecekin kartu peserta satu-satu.

Jenis Soal PAPs UGM

Soal test PAPs ngga jauh beda dengan tes potensi akademik pada umumnya, seperti materi tes tentang verbal, kuantitatif, dan penalaran.

Bentukan soalnya kurang lebih seperti ini.

soal Paps UGM
Sumber http://efac.co.id/menu/soal-paps-ugm

Seingat saya jumlah soal yang diujikan sebanyak 120 soal dan dikerjakan dalam waktu 1.5 jam dan dibagi kedalam 3 sesi.

  • Sesi 1, verbal (20 menit)
  • Sesi 2, kuantitatif (40 menit)
  • Sesi 3, Penalaran (30 menit)

Setiap sesi pengawas ujian akan memberikan kode token untuk membuka soal per-sesi. Kalau misal sudah selesai dapat melaporkan ke pengawas dan diberikan kode token untuk sesi selanjutnya.

Setelah selesai mengerjakan semua soal, kamu akan diminta meninggalkan ruang zoom dan tes. Tinggal deh menunggu pengumuman hasil.

Pengumuman Hasil

Hasil test nanti akan diumumkan maksimal 2 minggu setelah tanggal pelaksanaan tes.

Punya saya diumumkan kurang lebih seminggu setelah ujian. Pengumuman akan disampaikan melalui email dan bisa di cek di laman berikut.

Dan ini hasilnya.

Hasil tes Paps UGM

Dengan skor segitu ya lumayan, baru pertama kali nyoba tes TPA juga.

Jika dihitung saya sudah bisa menjawab benar 70% dari soal TPA yang diberikan dan bisa digunakan untuk mendaftar program pascasarjana di UGM.

Saran, karena waktu pengumumannya cukup lama. Kamu bisa reng-reng sendiri buat ngambil tesnya dan pertimbangkan estimasi 2 minggu maksimalnya, biar pas sertifikatnya dibutuhkan udah keluar hasilnya.

Oh iya, berdasar web pendaftaran pascasarjana UGM kita bisa melakukan pendaftaran menggunakan screen shoot dari website TPA. Jadi ngga perlu sertifikat yang fisiknya dulu.

Sekian ya ulasan mengenai tes PAPs, semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan bisa sampaikan di kolom komentar atau menghubungi saya melalui media sosial πŸ˜€

Note:

Sebenernya saya agak kebingungan waktu daftar tes ini XD

  • Jadwal rilis pelaksanaan tes ngga keluar-keluar, padahal udah nungguin lama buat ngambil ujian yang desember awal biar pas hasilnya keluar, pas udah mulai daftar.

    Kalau jadwal ga keluar ya auto saya ga bisa daftar S2 semester genap dan beralih ke semester ganjil.
  • Ternyata semua terkait tes langsung diinfokan melalui website dan email, karena saya ga sabaran biasanya tiap hari ngecek email sama web. Takut ketinggalan informasi juga, padahal mah semua di awal udah disampaiakn via email.
  • Ngga ada temen yang tes barengan juga, jadi kesannya tidak tau apa-apa banget :’

6 Replies to “Kupas Tuntas Tes TPA PAPs Online UGM 2020 untuk Pendaftaran Pascasarjana”

  1. Hai kak, aku Rini. Besok kamis aku juga mau Paps online, tp tadi pas nyoba buka lupa aku logout, sedangkan dipetunjuknya bilang harus dilogout. Kalo ngga, ntar ngga bisa login lagi. Pas aku nyoba login lagi tadi ngga bisa. Misal ada kendala seperti itu tanyanya ke mana ya kak? Apa boleh kirim email? Sori sedikit curhat. Aku juga tes sendiri ngga ada temennya, jadi bingung sendiri hihi

    1. Halo Rini, iya lebih baik coba konfirmasi ke email paps (upap.psikologi@ugm.ac.id) jika ada kendala.

      Semangat dan semoga lancar tes nya ya πŸ˜€

  2. Halo kak, nama saya Diana. Saya mau tanya kak, trial yang 5 soal itu berarti langsung setelah kita install seb nya kah? Lalu, yang dimaksud “tes menggunakan soal yang diinstal” itu bagaimana ya kak? apakah pas hari h ujian itu, untuk akses soal nya kita masukin semacam password/token di seb nya ya?

    Terima kasih sebelumnya ya kak, minggu depan saya test tapi tdk ada teman nya juga, jadi agak bingung, hehehe.

    1. Hi Diana.
      Iya, saat trial mengerjakan 5 soal yang ada di aplikasi paps-nya. Aku kurang tahu kalau ini β€œtes menggunakan soal yang diinstal”, tapi kalau diberikan saat sebelum ujian berarti ini merujuk ke ngerjain soal trial.

      Saat ujian nanti tata caranya sama seperti mengerjakan trial dan nanti diberi kode token untuk membuka soal ujiannya (diberikan per sesi).

      Semoga dapat membantu. Semangat dan lancar tes nya ya Diana πŸ˜€

  3. Halo, selamat sore Kak Diah.
    Terima kasih atas tulisannya yang bagus sekali. Saya ingin bertanya, jika ingin melaksanakan tes PAPs di bulan Mei mendatang, apakah pembayarannya boleh dilakukan dari bulan ini? Terima kasih Kak

    1. Hi Agata, terima kasih sudah membaca πŸ˜€

      Iya. Biasanya diperbolehkan untuk melakukan pembayaran jauh sebelum pelaksanaan tes πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *