7 Website dan Aplikasi yang Membantumu Belajar Matematika (Trusted)

Aplikasi belajar matematika saat ini sangat diperlukan untuk membantu menambah pemahaman mempelajari matematika.

Hal ini dikarenakan matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari, sekaligus terkenal menjadi momok menyeramkan bagi sebagian besar pelajar.

Apalagi jika pembahasannya sudah mulai mengeluarkan kata “integral, diferensial, limit, sin cos tan“, mulai ngebul kepala ini. Tetapi, tenang saja perasaan ini tidak hanya pelajar dari Indonesia saja kok, hampir semua pelajar di seluruh dunia juga merasakan hal yang sama.

Alasannya pun hampir mirip, seperti:

  • Matematika terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan
  • Terlalu abstrak dan sulit untuk dipahami
  • Kurang belajar contoh soal atau kalaupun belajar tidak yakin dengan jawabannya
  • Pengajar yang kurang menyenangkan, dan sebagainya.

Nah buat kamu yang masih kesulitan dalam belajar matematika, berikut ini 7 rekomendasi website aplikasi yang sangat membantu saya dalam belajar matematika.

Mathway

aplikasi mathway

Mathway adalah kalkulator matematika yang tidak hanya dapat mengerjakan soal aljabar dasar tetapi juga dapat digunakan untuk menyelesaikan soal-soal aljabar, grafik, kalkulus, dan banyak lagi.

Hasil dari jawaban yang telah diproses oleh Mathway juga dilengkapi dengan penjelasan langkah-langkah pengerjaanya, sehingga dapat membantumu memahami penyelesaian soal dengan lebih baik dan runut.

Mathway ini tersedia dalam dua mode: free (gratis) dan subscription (berbayar), dengan mode subscription kamu dapat mengakses langkah pembahasan soal lebih lengkap.

Wolfram Alpha

aplikasi matematika Wolfram Alpha

WolframAlpha adalah mesin penjawab yang dikembangkan oleh Wolfram Research yang dirilis pada tahun 2009.

Website ini dapat secara efektif dalam menjawab berbagai persoalan matematikamu mulai dari yang sederhana hingga kompleks secara faktual dan tentu saja tepat.

Selain matematika, Wolfarm Alpha juga dapat menyelesaikan pertanyaanmu dalam bidang mata pelajaran lain seperti fisika, geografi, kimia, hingga seni.

See also  Cara Pemesanan Tempat dan Kunjungan Perpustakaan UGM 2022 Via Simaster [UPDATED]

Integral Calculator

Berbeda dengan Mathway dan Wolfram Alpha, Integral Calculator akan secara spesifik membantumu memahami soal-soal integral, mulai dari integral tentu hingga integral tak tentu dalam berbagai bentuk dan fungsi.

Dalam menggunakannya kamu tinggal memasukan persoalan integral dan integral calculator akan memberikan solusi sekaligus cara kerjanya (integrasi langkah demi langkah).

Integral Calculator ini dapat diakses secara gratis lho.

Derivative Calculator

Nah, kalau ini kebalikannya Integral Calculator. Jika integral calculator membantu dalam menyelesaikan persoalan dalam integral, Derivative Calculator akan membantumu dalam topik diferensial atau turunan.

Tentu saja semua jenis persoalan diferensial dalam diselesaikan, mulai dari bentuk diferensial biasa hingga turunan parsial dalam berbagai fungsi.

Prinsip kerja dari Derivative Calculator juga sama dengan yang bentuk integral kalkulatornya. Soal akan diproses oleh integral calculator beserta langkah penurunan satu persatu hingga mendapatkan hasil akhirnya.

Desmos

Aplikasi grafik matematika Desmos

Jika aplikasi yang saya rekomendasikan sebelumnya lebih cenderung untuk mengerjakan soal analisis. Kali ini saya merekomendasikan aplikasi matematika yang dapat membantu dalam pembuatan grafik.

Aplikasi ini adalah Desmos.

Desmos adalah kalkulator grafik tingkat lanjut. Desmos dapat digunakan untuk melakukan visualisasi grafik matematika, seperti grafik fungsi koordinat, persamaan aljabar, grafik transformasi, dan masih banyak vitur lainnya.

GeoGebra

Geogebra

Mirip dengan Desmos, aplikasli lain yang dapat kamu gunakan untuk membuat grafik adalah GeoGebra.

GeoGebra (gabungan geometri dan aljabar) adalah aplikasi geometri, aljabar, statistika, dan kalkulus interaktif, yang ditujukan untuk pembelajaran dan pengajaran matematika dan sains mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas.

GeoGebra tersedia di berbagai platform, dengan aplikasi untuk desktop (Windows, macOS dan Linux), tablet (Android, iPad dan Windows) dan web.

See also  Apa itu Asam Sulfat (H2SO4)? Sifat Kimia dan Penggunaan

Photomath

Bukan sekedar aplikasi membantu mengerjakan persoalan matematika, Photomath menyediakan fitur cangih dimana kamu hanya perlu memfoto soal matematika yang ingin kamu kerjakan. Viola! Fotomath akan memberikan jawaban dari soal tersebut.

Fotomath ini adalah aplikasi edukasi yang dikembangkan oleh Google. Dimana dia dapat menjawab soal matematika ke dalam langkah-langkah yang mudah dipahami, sehingga kamu dapat benar-benar memahami konsep inti dari matematika.

Saya sarankan jika menggunakan aplikasi ini lebih baik melalui ponsel.

Dan sekian rekomendasi aplikasi matematika yang dapat membantumu belajar, jika ada kesulitan menggunakan silahkan tinggalkan komentar ya.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *