Rekomendasi Buku Fisika Dasar untuk Mahasiswa Baru Jurusan Fisika

Jika kamu mahasiswa baru jurusan fisika dan tengah mencari buku fisika dasar saya ada beberapa rekomendasi buku apa saja yang cocok untuk digunakan, plus sedikit saran untuk belajar fisika dasar.

Tahun pertama menjalani perkuliahan adalah masa yang sangat krusial, terutama bagi mahasiswa jurusan fisika. Ibaratnya materi di semester pertama dan kedua menjadi dasar untuk pembelajaran di semester-semester berikutnya.

Kalau ditarik garis besar, topik bahasan mata kuliah fisika dasar di jurusan fisika (dan teknik) sama dengan yang kalian dipelajari selama SMA. Mulai dari mekanika newton, kinematika, mekanika fluida, listrik magnet, optik, hingga termodinamika. Biasanya dibagi ke dalam dua semester.

Bedanya, di universitas pembahasannya cenderung lebih cepat. Bisa saja 1 bab menjadi satu atau dua pertemuan saja, sehingga kamu butuh persiapan belajar yang tepat, terutama memilih buku yang digunakan.

List rekomendasi buku fisika dasar

Sejauh ini selama kuliah di jurusan fisika ada buku-buku legend yang biasanya digunakan, antara lain:

JudulPenulis
Fundamentals of PhysicsHalliday, Resnick, & Walker
University PhysicsYoung & Freedman
Physics: Principle & ApplicationsGiancoli
Fisika DasarMikrajuddin Abdullah
Physics for scientists and engineersPaul A. Tipler
Schaum’s OutlinesKumpulan latihan soal

Buku-buku tersebut yang kebanyakan dosen di universitas gunakan sebagai bahan acuan belajar, kampus saya UNDIP dan UGM juga pakai. Bahkan kalau kamu mencari list sejenis, nama-nama buku tersebut juga akan langsung keluar.

Oh iya, walaupun kebanyakan karangan luar negeri (berbahasa inggris), buku-buku tersebut juga sudah banyak dialih bahasakan.

Mana buku yang lebih baik?

Dalam kegiatan pembelajaran dosen biasanya tidak mutlak mengambil salah satu buku saja untuk bahan ajarnya. Biasanya menggunakan beberapa referensi.

Tetapi tetap aja sih, biar belajarnya terarah saya biasanya punya satu buku pegangan yang dijadikan dasar buat belajar.

See also  Berguru Metodologi Riset Dari Anak Kecil

Baru nanti kalau ada topik yang tidak dijelasin dibuku itu mencoba mencari ke buku lainnya.

Dan karena saya tipikal mahasiswa yang pas masuk kuliah fisika bukan yang pinter banget dan paham tentang fisis. Akhirnya lebih mencari buku yang mudah dipahami dan tipikal buku fisika SMA.

Seperti buku karangan Giancolli atau Tipler. Buku karangan Giancolli lebih mudah untuk dipahami dan baru kalau ingin lebih dalam lagi baca buku Haliday. Haliday bagus, tetapi terlalu rumit bagi saya wkwk.

Kemudian baru nanti ditambah latihan soalnya bisa dari Schaum’s Outlines.

Seperti yang saya jelaskan di awal. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah fisika dasar di tahun pertama ini sama seperti mata pelajaran fisika SMA, sehingga sebenarnya jika menggunakan buku-buku SMA pun tidak akan masalah.

Terutama bagi mahasiswa yang newbie, saya rasa dengan membaca buku SMA akan sangat membantu memahami materi.

Salah satu buku fisika SMA yang bagus adalah terbitan pak Yohannes Surya.

Buku ini memiliki pembahasan yang lengkap dan mendasar, serta dengan penjelasan yang menarik. Kurang lebih bisa simak review teman di link berikut.

Perlu membeli bukunya atau tidak?

Perlu diketahui harga buku fisika dasar ngga bisa dibilang murah. Rata-rata harganya lebih dari Rp 100k+ untuk yang original. Perlu dipertimbangkan ingin membeli versi cetaknya tau tidak.

Saya pribadi saat maba, saya memilih untuk membeli buku cetaknya. Tetapi setelah beberapa waktu kuliah, saya merasa tidak memiliki buku cetaknya tidak masalah.

Lebih baik untuk meminjam di perpustakaan atau kakak tingkat. Biasanya ada kating yang baik hati dan meminjamkan bukunya untuk belajar. Selain itu, dosen juga memberikan file pdf dari buku tersebut.

See also  Learning English 101 : Country and Nationality

Saya rasa cara ini lebih efektif dan hemat. Maklum mahasiswa mah belum punya uang cukup XD.


Note:

Bagi mahasiswa baru biasanya kegiatan pembelajaran diserahkan oleh dosen pengampu, baik metode dan konsep penyampaian materi yang dibahas bergantung dosen yang mengampu mata kuliah tersebut.

Sebelum mengambil kuliah perhatikan juga konsep mengajar dosen pengampunya. Hal ini akan sangat membantu selama proses perkuliahan nanti.

Featured Photo by Jeswin Thomas on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *