Bagaimana tumbuhan memproduksi makanannya sendiri?

Berbeda dengan hewan dan manusia yang perlu makan makanan dari hewan atau tumbuhan lain untuk mendapatkan energi. Tumbuhan dapat membuat makanan mereka sendiri dengan proses yang disebut fotosintesis.

Melalui proses ini tumbuhan akan mengubah energi matahari menjadi suatu energi kimia.

Tumbuhan memulai proses ini dari mengumpulkan karbon dioksida (CO2) di udara melalui stomata (mulut daun) dan air (H2O) dari dalam tanah yang diserap melalui akar tumbuhan. Bahan-bahan yang telah terkumpul nantinya dibawa ke suatu bagian sel tumbuhan bernama kloroplas.

Dalam kloroplas terdapat klorofil, yang berperan untuk menangkap sinar matahari yang dibutuhkan untuk membuat proses fotosintesis terjadi.

fotosintesis
Ilustrasi oleh cdn.britannica.com

Dengan bantuan sinar matahari dan klorofil, karbon dioksida dan air akan dimasak sehingga menghasilkan senyawa glukosa (gula). Senyawa gulkosa bagi dapat digunakan sebagai cadangan makanan, contohnya seperti umbi-umbian pada tanaman kentang.

Proses fotosintesis juga akan menghasilkan produk lain berupa oksigen yang dilepaskan ke udara, yang kemudian dimanfaatkan oleh hewan dan manusia untuk bernapas.

Sehingga, secara tidak langsung proses ini juga berperan mengendalikan jumlah CO2 dan O2 yang ada di atmonsfer sehingga jumlahnya tetap seimbang.

Jadi, dapat dikatakan hampir semua keberlangsungan kehidupan di Bumi sangat bergantung pada proses fotosintesis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *