Daftar di Program Pascasarjana S2 Fisika UGM 2020 Jalur Kejasama LPDP

Tahun lalu saya mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa magister S2 di program pascasarjana fisika UGM. Saya mendaftar di jalur kerjasama karena di tahun sebelumnya sudah dinyatakan lolos beasiswa LPDP dalam negeri.

Sejujurnya, mau mendaftar dengan seleksi manapun (baik reguler maupun kerjasama) semua persyaratannya sama aja kok, yang berbeda hanya di persyaratan tambahan seperti surat MoU dengan pemberi beasiswa.

Disclaimer, saya mengikuti seleksi masuk pascasarjana fisika UGM pada tahun 2020 untuk program semester genap. Sehingga mungkin saja proses seleksi dan persyaratan akan berbeda di tahun ini, selalu update informasi pendaftaran di website resmi UGM.

Ringkasan Alur Pendaftaran

Alur dari seleksi pendaftaran program pascasarjana kurang lebih seperti ini.

pascasarjana fisika ugm
Sumber website um.ugm.ac.id (diakses 3 juni 2021), lebih detail dan jelasnya silahkan lihat di sini.

Perihal timeline dan alur pendaftaran hampir sama setiap tahun dengan rentang pola pendaftaran yang hampir sama juga.

Setiap tahunnya untuk program pascasarjana UGM membuka dua kali penerimaan mahasiswa setiap tahunnya, angkatan genap dan ganjil.

Pendaftaran periode ganjil
Ada dua gelombang pelaksanaan, gelombang 1 di sekitar bulan April-Mei dan gelombang 2 disekitar bulan Juni.

Angkatan ganjil ini masuk perkuliahan di bulan Agustus. Biasanya jumlah pendaftar lebih banyak dibanding periode genap.

Pendaftaran periode genap
Sama seperti periode ganjil, ada dua gelombang pembukaan pendaftaran. Gelombang 1 disekitar bulan Oktober dan gelombang 2 di sekitar bulan Desember.

Kalau angkatan periode genap, mulai masuk perkuliahannya di bulan Februari dengan jumlah pendaftar mayoritas lebih sedikit dibanding semester ganjil.

Apakah ada perbedaan di antara keduanya? Saya rasa tidak, terutama untuk persyaratannya dan standar penilaiannya ya.

Persyaratan pendaftaran

Persyaratan terkait berkas administrasi pendaftaran yang kamu perlu siapkan antara lain:

  • Ijazah dan transkip nilai
    Ada beberapa syarat minimal nilai IPK berdasarkan akreditasi universitas sebelumnya. Ada juga beberapa program studi yang membatasi jurusan apa saja yang dapat mendaftar ke program studi tersebut.
  • Sertifikat akreditasi program studi S1
  • Sertifikat hasil TPA
    Syarat minimal skor TPA baik dengan TPA bapenas atau PAPs adalah 450, untuk tes ini saya sarankan untuk tes jauh-jauh hari sebelum penutupan pendaftarannya.

    Saat pendaftaran tahun lalu saya menggunakan TPA dari hasil tes PAPs UGM, dari pengalaman hasilnya keluar kurang lebih dua minggu setelah usai tes. Jadi bisa diperkirakan sendiri ya.
  • Sertifikat kemampuan bahasa inggris
    Sama dengan sertifikat TPA, ada syarat minimal yang harus dipenuhi. Sehingga akan lebih baik jika menyiapkan jauh-jauh hari sebelum masa penutupan pendaftaran.

    Jika menggunakan TOEFL ITP syarat miminalnya adalah 400 untuk jenis tes kemampuan bahasa inggris lain silahkan cek di sini.
  • Rekomendasi dua orang bisa dosen pembimbing atau atasan
    Untuk surat rekomendasi ini bentuknya adalah mengisi formulir online yang akan dikirim ke email masing-masing perekomendasi kita.

    Pertama kita akan diminta untuk memasukan nama pe-rekomendasi beserta emailnya. Kemudian sistem akan mengirimkan form ke pemberi rekomdasi. Jadi pastikan emailnya aktif ya.
  • Proyeksi keinginan (ada templatenya)
    Selanjutnya adalah membuat proyeksi keinginan atau harapan yang akan dilakukan selama perkuliahan dan setelah menyelesaikan kuliah.
  • Surat pernyataan keaslian dokumen (ada templatenya)
  • Surat tugas belajar dari instansi (jika sudah bekerja)
  • Proposal penelitian (opsional, tergantung program atau jurusan yang diambil).
    Terkait proposal penelitian akan lebih baik untuk menanyakan ke bagian administrasi jurusan, karena ada beberapa yang mensyaratkan dan ada yang tidak .

    Kalau dari jurusan fisika (2020 genap) sebenarnya tidak diwajibkan, tapi itung-itung biar lebih semangat mau kuliah, saya tetap bikin.
  • MoU atau surat perjanjian kerjasama (bagi pendaftar jalur kerjasama).
    Saya mendaftar dengan jalur kerjasama dengan beasiswa LPDP, karena belum ada surat perjanjian tertulis dapat diganti dengan screenshot “keterangan lolos seleksi LPDP”.
  • Persyaratan tambahan
    Silahkan hubungi administrasi jurusan masing-masing.

    Tahun lalu untuk program pascasarjana fisika ugm sendiri, kita akan diminta untuk mengirimkan semua berkas yang kita upload melalui sistem pendaftaran online.

Oh iya, semua berkas di atas nantinya akan diupload si sistem pendaftaran online UM UGM.

Pengisian di pendaftaran online

Setelah melakukan pembayaran, kita akan mendapatkan username (email) dan PIN untuk login ke akun Ujian Masuk UGM.

Masuk ke website dengan menggunakan username dan PIN yang sudah didapat kemudian kita bisa memulai memilih jenis jalur seleksi dan mulai mengisi form yang ada.

Dalam melakukan pengisian formulir dan upload berkas menurut saya akan lebih baik semua berkas pendaftaran sudah disiapkan jauh hari sebelumnya. Pada sistem pendaftaran nanti ada semacam tanda hijau, kuning, merah (pojok gambar).

Tahapan upload berkas (nomer 1, 2,.. di bawah) hanya mulai diisi jika warnanya sudah hijau atau kuning.

pascasarjana fisika ugm

Perihal pengumuman, verifikasi, pengumuman, hingga pembayaran UKT juga disampaikan melalui laman ini ya.

Tips mengikuti seleksi

Pokoknya pastikan kamu mengikuti alur pendaftarannya dengan baik, terutama karena sifatnya banyak yang administratif. Siapkan semua persyaratan sebelum melakukan pengisian atau pendaftaran agar lebih mudah dan cepat.

Jika ada pertanyaan yang masih belum jelas atau paham silahkan tanyakan ke bagian administrasi jurusan masing-masing. Tenang aja, orang-orangnya juga ramah dan fast respon.

Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar atau sosial media saya ya. Feel free to ask 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *