Pendaftaran Beasiswa LPDP, ini yang harus kamu persiapkan

Ada banyak hal yang mempengaruhi peluang untuk mendapatkan beasiswa LPDP , termasuk dari segi persiapan pendaftaran nya.

Saya sebenarnya tidak mempunyai banyak trik ataupun tips tertentu untuk lolos beasiswa LPDP ini.

Namun, persiapan yang saya lakukan selama menyiapkan beasiswa ini dapat sedikit membantu dan memberikan ide untuk mempersiapkan pendaftaran hingga mendapatkan beasiswa tersebut.

Oh iya, sebelumnya perlu diketahui juga. Dari tahun ke tahun beasiswa LPDP sepertinya mencoba mencari cara paling efektif untuk menyaring awarde-nya.

Tahun 2019 lalu, ketika saya mengikuti seleksi penerimaan beasiswa ini tipe seleksinya cukup berbeda dengan tahun sebelumnya (2018) dan tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun berikutnya juga bisa jadi akan sediit berbeda lagi.

Semakin banyak improvement, makin tepat sasaran juga tipe awarde yang diinginkan LPDP.

Hal yang perlu diperhatikan

Sebelum mendaftar beasiswa LPDP ataupun beasiswa yang lain ada baiknya untuk melakukan hal-hal berikut.

1. Pahami beasiswa tersebut. 

Siapa pemberi beasiswa, sumber dana, bagaimana kebijakan dari pihak pemberi beasiswa. Pahami luar dan dalamnya.

Dari sini akan terlihat standar yang dicari oleh pemberi beasiswa dan tinggal sesuaikan dengan diri mu.

2. Baca dan pahami buku panduannya.

 Apa saja syarat pendaftaran dan apa saja yang perlu disiapkan. Biasaya di buku panduan sudah memberikan garis besar apa yang harus disiapkan, pemilihan kampus, hingga peraturan penerima beasiswa.

Baca dan pahami isi buku panduannya, dan yang paling penting Jangan asal manut ‘katanya’ kakak tingkat atau penerima sebelumnya. Termasuk saya juga XD. Seperti yang di awal tadi, sistem penerimaan beasiswa LPDP cukup dinamis dari tahun ke tahunnya.

3. Lakukan riset. 

Cari informasi terkait informasi beasiswa ini. Cobalah bertanya atau meminta saran orang yang telah menerima beasiswaatau pernah mengikuti seleksi sebelumnya.

Kumpulkan data-data yang dapat membantumu menyiapkan tahapan-tahapan seleksi penerimaan beasiswa tersebut.

Tahapan Penyeleksian

Agar mendapatkan beasiswa LPDP kamu harus mengikuti 3 tahap seleksi.

  • Seleksi administrasi
  • Seleksi berbasis komputer (SBK)
  • Seleksi wawancara.

Kemudian manakah dari ketiga tahapan seleksi tersebut yang paling penting?

Ya, semuanya penting. Jika tidak berhasil lolos disalah satu seleksi saja, yang jelas akan secara otomatis gugur mendapatkan beasiswanya.

Jadwal pembukaan seleksi administrasi beasiswa LPDP 2019— secara umum tiap tahun waktunya mendekati bulan-bulan tersebut ( persiapan pendaftaran lpdp )

Selain langkah persiapan tersebut, kamu juga dapat secara khusus mempersiapkan tiap-tiap tahapan seleksi. Lebih lengkapnya silahkan baca pada link berikut ini:

Lalu, bagaimana dengan tingkat kesulitan seleksi?

Menurut saya, seleksi beasiswa LPDP hampir mirip atau sama dengan sistem seleksi beasiswa yang lain.

Hanya saja karena LPDP sejenis beasiswa sejuta umat yang artinya buanyak yang pengen dapet beasiswanya. Menyebabkan persaingannya cukup ketat. Namun, ada beberapa kabar jika sistem penilaian beasiswa LPDP tidak menggunakan sistem kuota melainkan passing grade.

Tenang saja. Siapa pun punya peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa ini. Yang terpenting persiapkan dengan matang untuk mendapatkannya.

Simak juga pembahasan saya terkait pendaftaran beasiwa LPDP

Featured Photo by Vasily Koloda on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *