Contoh Laporan Akhir dan Artikel Ilmiah PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM GFK 2019)

Melanjutkan pembahasan PKM Gagasan Futuristik / PKM GFK yang sebelumnya, silahkan dibaca di sini. Pada artikel ini saya akan membahas terkait penulisan laporan akhir atau yang tahun kemarin artikel ilmiahnya.

Jika dibandingkan dengan tahun kemarin, terkait penilaian PKM GFK sepertinya cukup berbeda.

Tahun lalu, pengumuman PKM GFK dilakukan tidak bersamaan dengn PKM 5 bidang. Pengumumannya malah jauh setelah dilaksanakan PIMNAS, sekitar bulan September.

Ngga ada upload-upload laporan akhir atau kemajuan untuk PKM ini. Peserta yang melakukan unggah dokumen hanya peserta PIMNAS saja. Bentuknya Artikel Ilmiah.

Peserta yang didanai dan tidak lolos PIMNAS juga tidak perlu melakukan upload. Hanya perlu membawa proposal untuk syarat pengambilan dana.

Efek baru pertama kali penyelengaraan juga sih, cukup membingungkan dan masih belum begitu jelas.


Tenyata buat tahun ini sudah ada pembaharuan yang saya rasa lebih oke dibanding tahun kemarin.

Misal pengumumannya bersamaan dengan pengumuman PKM 5 Bidang dan ada upload laporan akhir.

Langsung saja masuk kedalam penulisan laporan akhir.

Lho, katanya ngga ada laporan akhir di tahun kemarin?

Iya benar. Tetapi setelah saya cek buku panduannya, ternyata sistematika penulisan laporan akhir dan artikel ilmiah (tahun lalu) sama aja. Jadi sepertinya jika saya bahas masih related dengan penyusunan laporan akhir di PKM GFK tahun ini.


Sistematika Penulisan Laporan Akhir

Menurut Buku pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (2020), sistematika penyusunan laporan akhirnya seperti di bawah ini.

  • Daftar Isi
  • Bab 1. Pendahuluan (Sumber Inspirasi Tantangan Intelektual)
  • Bab 2. Metode Pelaksanaan (Konstruksi dari Inspirasi)
  • Bab 3. Hasil
  • Bab 4. Penutup (Simpulan dan Saran)
  • Ucapan Terimakasih
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Silahkan disimak dan dilihat-lihat ungahan Artikel Ilmiah PKM GFK saya.

Jika ada kesulitas membuka file, silahkan download pada link berikut Laporan PKM GFK download.

Karena, Artikel Ilmiah ini belum bisa dikatakan bagus, sekalian saya bedah untuk contoh penulisannya.

Langsung saja mari bedah artikelnya, sebelumnya mohon maaf jika agak absurb penjelasannya. Saya sebenernya juga masih kurang begitu paham.

Bab 1. Pendahuluan (Sumber Inspirasi Tantangan Intelektual)

Secara umum bagian pendahuluan ini mirip-mirip dengan pendahuluan PKM yang lain.

Isinya latar belakang permasalahan yang diangkat, tujuan dari gagasan yang disajikan, informasi umum video.

Jadi cukup beri gambaran yang bersifat umum dan langsung ke intinya. Jangan lupa juga beri konteks agar karyamu dirasa makin urgent dan penting.

Selanjutnya di bagian pendahuluan ini, ceritakan pengalamanmu dalam hal pembuatan video sebelumnya, atau pengalaman yang kamu lalui sehingga mengantarkanmu membuat karya ini.


Nah dibagian yang menjelaskan tentang pengalaman di Artikel Ilmiah saya, emang ngga dibahas. Tim kami hanya studi pustaka terkait hambatan dan kekurangan yang dialami oleh penyedia layanan sebelumnya.

Akan lebih baik kamu menceritakan alasan kamu membuat video tersebut dari pengalamanmu. Contohnya saat PIMNAS kemarin, dari UGM dia menjelasakan pernah KKN di papua dan mengalami berbagai kendala sehingga membuat PKM GFK mereka.

Kalau ngga ada gimana? Ya gak papa juga sih

Bab 2. Metode Pelaksanaan (Konstruksi dari Inspirasi)

Pada bagian ini jelaskan metode atau langkah dari pembuatan video kamu.

Misal di laporan kelompok saya, kami menjelaskan mulai dari riset hingga proses evaluasi.

  • Riset topik dan studi pustaka
  • Penyusunan konsep video
  • Proses perekaman video dan pengumpulan bahan
  • Proses editing video
  • Evaluasi

Ya, seperti proses pembuatan video biasanya.

Bab 3. Hasil

Untuk bagian ini, sebenarnya saya kurang menangkap maksud yang diharapkan dari hasil perlu dipaparkan pada bagian bab ketiga.

Namun jika ditarik garis besar, seperti berikut:

  • Membentuk wacana keilmuan serta berbagai pengalaman dan sudut pandang tentang topik tertentu yang dijadikan fokus ulasan.
  • Ketertarikan, pemahaman & informasi kepada audiens tentang isi video yang diulasnya.
  • Mengajak audiens agar mendiskusikan dan memikirkan lebih jauh tentang permasalahan yang diangkat.

Dan ini juga yang kelompok saya dulu jadikan acuan dalam penulisan bab ketiga. Detailnya silahkan lihat di Artikel Ilmiah di atas.

laporan pkm gfk

Kamu bisa menggunakan data dari Youtube Analytics untuk melihat demografi dan penayangan.

Asumsinya semakin banyak yang menonton dan berdiskusi aktif di video yang telah kamu unggah, makin banyak orang yang tertarik.

Tapi, sewaktu ikut PIMNAS sepertinya hanya kelompok kami yang bikin analisis macam begini.

Bab 4. Penutup (Simpulan dan Saran)

Bab 4 dan seterusnya sudah jelas ya, bisa dicek di contoh yang saya berikat.


Sepertinya cukup dulu ulasan saya mengenai penulisan laporan akhir atau artikel ilmiah PKM GFK.

Perlu diperhatikan contoh laporan di atas belum sempurna, jadi kamu bisa lebih menyempurnakan lagi sesuai dengan buku panduan yang ada.

Kemudian terkait isinya, karena ya terkadang tiap universitas sedikit beberbeda dalam penyajian artikelnya. Punya saya juga jauh berbeda dengan anggota tim kelompok yang dulu sama-sama ikut PIMNAS.

Sehingga cerilah referensi sebanyak-banyaknya.

Sekian, terima kasih.
Jika ada yang kurang jelas, silahkan hubungi saya melalui media sosial atau tinggalkan komen dibawah ya.

One Reply to “Contoh Laporan Akhir dan Artikel Ilmiah PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM GFK 2019)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *