Satu Jam Lebih Dekat: Pengayaan Bahasa Undip 2020

SJLD atau Satu Jam Lebih Dekat adalah salah satu program Pengayaan Bahasa di Undip yang diselengarakan dan dipanitiai oleh anak-anak PB Undip.

Programnya ngga wajib dari LPDP, tapi inisiatif teman-teman bersama untuk lebih mendekatkan diri dan saling mengenal antar peserta PB.

Penting banget sih tapi terutama kelas PB saya dialihkan menjadi kelas online selama pendemi Corona ini berlangsung.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan di WhatsApp Group dengan durasi waktu sekitar 1 jam. Namun kalau yang jadi pembicara hari itu seru atau orang yang ngehits bisa sampe lebih-lebih.

Kalau saya? Haha. Sebagai orang yang sangat tepat waktu tentu saja, nge-press banget 1 jamnya XD

PB LPDP UNDIP #2
Poster SJLD. Ini poster bikinan saya sendiri, yang dibuatin tim desain PB malah ke hapus. Sorry XD.

Saya rada ketir-ketir sebenernya pas ngisi SJLD.

  • Pertama, saya ngga ngehits dan terkenal. Pasti bakal krik-krik banget dan ga ada yang nanyain waktu SJLD
  • Kedua, entah kenapa ya teman sekelas saya rasanya kurang rame dan membaur dibanding kelas yang lain. Padahal biasanya temen sekelas yang membuat rame acara ini.
  • Ketiga, cerita saya keliatannya ngga menarik buat diulik.
  • Keempat, saya ga ada temen deket. Sepertinya ini efek cuma ketemu seminggu dan saya ngekos di Tembalang.

Setelah waktu SJLD yang terjadi adalah…. sama aja yang seperti saya pikirkan. Beruntungnya masih diselamatkan beberapa teman kelas PB yang kenal. Terima kasih teman-teman yang berbaik hati wkwk.

Setidaknya ada yang bertanya. Walau kesannya jadi serius banget.

Dan untuk pertama kalinya saya pengen ditanya pertanyaan yang receh-receh misal Udah punya pacar belum? Tipe pasangan seperti apa? Target menikah umur berapa?. Soalnya mayoritas ditanya begitu.

Kalau pas sesi saya pertanyaannya yang berat-berat macam. Pekerjaan apa, apa aja yang sedang saya lakukan, bikin CV yang bagus, setelah lulus LPDP mau ngapain?. Pertanyaan berat macam pertanyaan waktu seleksi LPDP.

Saya njawabinnya kok ya berat juga XD

Poster SJLD dari tim desain PB UNDIP

Kesan acara ini

Mayan seru dan bermanfaat untuk saling mengerti sih. Hanya saja kadang saya kelewatan acara ini.

Entah karena lupa atau tiba-tiba aja ketiduran. Makin ke sini, topik pembicaraan nya juga makin oke. Ngga cuma bahas yang receh-receh ngga jelas. Tapi masuk ke materi yang menjadi ekspertise masing-masing anggota LPDP.

Acara ini menurutku juga memberikan insight baru dalam melihat berbagai jurusan di perkuliahan. Mulai dari yang umum macam saya sampe jurusan yang saya baru denger kali ini di SJLD.

Note:

  • Ilustration by¬†dribbble.com
  • Foto by tim desain PB Undip batch 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *