7 Cara Mengatasi Stress di Tempat Kerja

Bagaimana cara mengatasi stress yang tepat? berikut ini hal-hal yang saya lakukan untuk megatasi kondisi stress di tempat kerja ataupun di univeristas dulu.

Saya kemarin sempet kaget gegara baca tweetnya HRD Bacot.

Gimana ngga? saya baru tahu ternyata orang-orang di luar sana melakukan banyak hal buat coping stressnya macem-macem dan kadang diluar nalar diri ku.

Bagi yang mau baca seperti apa jawaban-jawaban netijen buat coping stress atau mengatasi stress mereka, silahkan simak dalam artikel ini.

Di sini saya mau cerita mengenai bagaimana saya mengatasi stress selama kerja.

1. Berkebun

Biasanya ini yang paling seneng saya lakukan saat stress kerjaan atau stress waktu kuliah dulu.

Kegiatan mengaduk-ngaduk tanah, nyabutin rumput, menanam tanaman, mencium aroma dedaunan, apalagi kalau tumbuhannya sudah berbunga atau berbuah.

Kebunnya juga ngga perlu di halaman yang luas atau banyak, cukup rawat beberapa pot bunga atau tumbuhan yang berwarna hijau.

Setelah berkebun, rasa capek, penat dan mood buruk semuanya luntur seketika.

2. Menulis

Saya cukup senang menulis, selain sebagai hobi dan sarana untuk menyalurkan aspirasi.

Menulis adalah wahana yang tepat untuk mengurangi dan mengatasi stress yang saya tengah rasakan.

Aplagi saat sedang banyak pikiran dan beban di tempat kerja. Otomatis semua unek-uneknya jadi bahan tulisan.

Jadi bener juga sih kata orang, bahwa materi atau topik yang paling menyenangkan untuk ditulis adalah hal-hal atau keresahan yang kita alami šŸ˜€

3. Membaca

Cara mudah untuk lari dari kehidupan kerja yang menjemukan, yaitu mencari kehidupan yang lebih mengasyikan dalam buku.

Apalagi kalau bukunya menarik, vibes dari buku ini langsuung kebawa ke dunia nyata wkwk.

Terkadang setelah membaca buku atau artikel malah jadi tercerahkan dan mampu berpikir jernih kembali.

4. Cerita

DenganĀ cerita atau curhatĀ ke orang terdekat, kita bisa meluapkan semua beban dan masalah yang sedang kita hadapi.

Apalagi dengan orang yang cocok dan sepenangungan, bisa-bisa malah jadi ghibah bersama XD

mengatasi stress

Tapi serius deh, setelah cerita semua beban berkurang dan terasa lebih ringan.

Ngobrol dengan orang lain juga membuat kita mendapatkan banyak masukan dan memberikan solusi terhadap masalah yang kita alami.

Asal curhat dan ngobrol-ngobrolnya dengan orang yang bener-bener terpercaya ya.

5 Memasak

Next adalah eksperimen di dapur. Favorit saya juga ini mah kalau lagi stress.

Tambah lagi kalau habis gajian, auto pengen masak yang mevvah dan aneh-aneh. Serasa semua bahan masak di Superindo mau diborong.

mengatasi stress

Biasanya sambil memasak begini, sambil ngehalu dan ngayangin yang aneh-aneh.

Misal ikut Master Cheff lah, mau ada acara masak-masak besar, atau masakin buat suami sama anak lah (halu tingkat dewa XD)

It’s make me happy.

6. Bersih-bersih

Kalau mood saya lagi bagus biasanya saya muales poll buat bersih-bersih.

Beda lagi ceritanya kalau udah bad mood sama orang-orang kantor, udah deh on fire buat bersih-bersih dan pengen ngebuangin barang yang ngga berguna.

mengatasi stress

Habis bersih-bersih udah lega dan capek. Kemudian tidur dan pas bangun badan kembali seger dengan mood yang baik.

7. Mencuci Baju

Cara untuk menghilangkan stress yang biasanya saya lakukan lagi adalah mencuci baju, diakhiri dengan ngejemur pakaian dan mandi lama.

Tapi saya ngga suka nyetrika baju, lamaaa dan bikin penat :’

mengatasi stress

Kayaknya capek atau ngga mood kerja karena emang terlalu banyak energi yang numpuk di dalam diriku, maklum dulu kerjanya agak ga jelas juga sih.

Jadinya semua energi dimanfaatin buat aktivitas macam mencuci, bersih-bersih, atau yang penting keluar keringet.

Oh iya, saya juga suka olahraga, tapi berhubung sekarang udah jarang jadi ngga ku masukin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *